Presiden Tegaskan Pentingnya Hutan untuk Kemakmuran Rakyat

Presiden Tegaskan Pentingnya Hutan untuk Kemakmuran Rakyat

Indonesia merupakan negara dengan kekayaan sumber daya alam hutan yang luar biasa banyaknya. Dari situ tersimpan potensi ekonomi yang dapat menyejahterakan masyarakat.

Dalam acara pembukaan Festival Kesatuan Pengelola Hutan Tingkat Nasional, Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa fungsi hutan tidak hanya menjadi paru – paru dunia, tapi juga berperan sebagai sumber kehidupan masyarakat. Hal itu yang sering tidak kita sadari. “Saya pernah bertemu dengan beberapa kepala negara dari Skandinavia. Mere

ka cerita kehidupan sehari-hari dan perputaran ekonomi yang ada di negara-negara itu contoh Norwegia, Finlandia, dan Denmark banyak yang hanya hidup dari sektor industri kehutanan,” ujarnya di hutan pinus Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, Jumat, 28 September 2018.

Namun, di Indonesia, kekayaan hutan yang ada selama ini belum mampu dimanfaatkan dengan baik. Hutan selama ini belum mampu dimanfaatkan sebagai sumber penghidupan, terutama bagi masyarakat yang tinggal di sekitar atau di dalam hutan. Poin tersebut yang membuat Presiden Joko Widodo ingin diperbaiki. Sudah sepatutnya penduduk Indonesia yang tinggal di sekitar atau di dalam hutan memiliki kehidupan yang makmur.

Perubahan kepemilikan saham ini akan secara resmi terlaksana setelah transaksi pembayaran sebesar US$3,85 miliar kepada Freeport McMoran diselesaikan sebelum akhir tahun 2018. Kepala Negara juga akan memastikan seluruh proses menyangkut divestasi saham Freeport ini dilakukan secara transparan. “Dengan selesainya proses divestasi saham PTFI dan peralihan Kontrak Karya menjadi Izin Usaha Pertambahan Khusus, Freeport Indonesia akan memberi kontribusi kepada negara yang lebih besar,” tandasnya.