Indonesia dan Afghanistan Menindaklanjuti Potensi Kerja Sama

Indonesia dan Afghanistan Menindaklanjuti Potensi Kerja Sama

Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kehormatan Chief Executive Afghanistan, Abdullah Abdullah di Istana Merdeka, Jakarta, pada Kamis, 4 Oktober 2018. Sebelumnya keduanya pernah bertemu saat kunjungan Presiden ke Afghanistan pada Januari 2018 lalu.

“Senang sekali dapat bertemu kembali dengan Yang Muli Dr. Abdullah Abdullah setelah kunjungan saya ke Kabul di Januari 2018 yang lalu.” kata Presiden.

Presiden kemudian mengucapkan terima kasih atas ucapan belasungkawa yang disampaikan Abdullah untuk para korban bencana di Sulawesi Tengah.

Adapun Abdullah menyebutkan bahwa kunjungan Presiden Afghanistan, Ashraf Ghani, ke Indonesia yang kemudian dibalas oleh kunjungan Presiden Joko Widodo ke Afghanistan, telah membuka potensi kerja sama kedua negara yang semakin besar. Kehadiran dirinya ke Indonesia ini ialah untuk menindaklanjuti penjajakan kerja sama itu.

“Saya berbahagia ada di sini untuk menindaklanjuti dan berdiskusi mengenai apa yang dapat dilakukan. Presiden Ghani juga menyampaikan salam dan pesan duka cita serta apresiasi atas dukungan Anda untuk Afghanistan.” ucapnya. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang turut hadir dalam pertemuan tersebut mengatakan bahwa Abdullah menyampaikan apresiasi upaya Indonesia mewujudkan perdamaian di Afghanistan.

Dalam pertemuan itu, selain didampingin Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Presiden Joko Widodo juga didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.