Presiden Jokowi Mengenakan Seragam Veteran saat Gowes Bandung Lautan Sepeda

Presiden Jokowi Mengenakan Seragam Veteran saat Gowes Bandung Lautan Sepeda

Presiden Joko Widodo menggowes sepedanya sejauh lima kilometer bersama ribuan peserta lainnya dalam kegiatan Bandung Lautan Sepeda di Kota Bandung, Sabtu 10 November 2018. Pada kegiatan tersebut, Presiden Jokowi menggowes sepeda ontel dan mengenakan seragam veteran.

Menurut beliau, seragam yang ia gunakan itu memiliki arti untuk mengingat kembali suasana di masa-masa perjuangan 10 November 1945.

 

“Ini kan hari pahlawan 10 November, suasana sejarah di tahun 45. Di masa-masa perjuangan, karena suasana itulah saya pakai pakaian ini.” ujar Presiden Jokowi di Gedung Sate, Bandung.

 

Tidak hanya seragam veteran, Jokowi juga memilih menggunakan sepeda ontel yang dikenal tidak memiliki rem. Padahal, panitia dan paspampres telah memilihkan sepeda lain untuk presiden yang lebih aman. Namun, kata Jokowi, itu bukan menjadi kendala dan halangan untuk tetap ikut dalam kegiatan. 

 

“Sepeda enggak ada remnya loh, memang dipilihkan beberapa, saya pilih yang paling enteng, tapi memang sepeda lama enggak ada rem. Tadi saya agak groginya di situ karena enggak ada remnya, paling-paling kalau jalannya menurun tajam,” katanya.